gerakan

gerakan
menanam1

Rabu, 22 Februari 2012

TRADISI MAULID NABI DI PULAU SAKALA

Perayaan Maulid Nabi di Pulau Sakala pada umumnya sama dengan daerah- daerah yang lain yaitu diisi dengan Pembacaan Salawat Nabi dan Ceramah Agama.
Tapi yang unik pada Tiap perayaan Maulid Nabi di Pulau Sakala yaitu adanya Pohon Pisang yang dihiasi Telur dengan hiasan bunga- bunga dan nanti setelah acara selesai telur2 yang menempel diambil dan dibagikan kepada anak-anak. dan, setelah ceramah agama selesai para warga pulau Sakala mengisi acara dengan silaturrahmi dengan para tetangga dan sanak Famili disertai saling Tukar menukar Telur dan kue yang telah dihiasi dengan bunga.
menurut bpk.Agamay,Salah satu Tokoh Agama di pulau sakala,mengatakan "Acara seperti ini telah berlangsung turun temurun,dan hendaknya dilestarikan karena Selain untuk mengenang Nabi Besar Muhammad,SAW juga bisa mempererat tali persaudaraan di Pulau Sakala ",dan acara ini juga selalu mendapat dukungan dari Kepala Desa,serta aparatnya,tokoh Masyarakat dan juga masyarakat pulau sakala.


            Tampak Masyarakat berbondong- bondong memadati masjid RAUDHATUL ULUM Sakala

                                           Ceramah Agama yang diisi ustd. H.Sutami,M,si



                                     Pohon pisang yang dihiasi dengan telor dengan bunga


                    Inilah telor yang dibawa Masyarakat untuk saling tukar antar tetangga
                            Tampak anak - anak rebutan telor yang diambil dari pohon pisang

1 komentar:

  1. Aku liat2 google maps, ketemu pulau sakala, trus searching2 karena penasaran, dan sampailah kesini .. hehe .. sehat2 ya saudaraku semua di sana ..

    BalasHapus