gerakan

gerakan
menanam1

Jumat, 06 Juli 2012

Cedera Olahraga ( Memar )

Memar atau lebam adalah suatu jenis cedera pada jaringan  biologis karena kerusakan kapiler darah yang menyebabkan darah merembes pada jaringan sekitarnya yang biasanya ditimbulkan oleh tumbukan benda tumpul.

Menurut beberapa ahli pengertian memar yaitu:

Memar adalah cedera yang disebabkan oleh benturan atau pukulan pada kulit. Jaringan di bawah permukaan kulit rusak dan pembuluh darah kecil pecah, sehingga darah dan cairan seluler merembes ke jaringan sekitarnya (Morgan, 1993: 63).
Cedera Memar
Cedera Memar
Memar ini menimbulkan daerah kebiru-biruan atau kehitaman pada kulit. Bila terjadi pendarahan yang cukup, timbulnya pendarahan didaerah yang terbatas disebut hematoma (Hartono Satmoko, 1993:191).
Memar dapat menimbulkan rasa sakit tapi umumnya tidak berbahaya. Memar kadang dapat menimbulkan akibat serius, menyebabkan suatu bentuk yang lebih mengancam jiwa yang dikenal dengan nama hematoma dan dapat pula dikaitkan dengan cedera lain yang lebih serius misalnya patah tulang atau pendarahan dalam. Memar kecil mudah dikenali karena karakteristik warna biru atau ungunya beberapa hari setelah terjadinya cedera.
Nyeri pada memar biasanya ringan sampai sedang dan pembengkakan yang menyertai sedang sampai berat. Adapun memar yang mungkin terjadi pada daerah kepala, bahu, siku, tangan, dada, perut dan kaki. Benturan yang keras pada kepala dapat mengakibatkan memar dan memungkinkan luka sayat

Menurut Agung Nugroho (1995: 53) penanganan pada cedera memar adalah sebagai berikut:

1) Kompres dengan es selama 12-24 jam untuk menghentikan pendarahan kapiler.
2) Istirahat untuk mencegah cedera lebih lanjut dan mempercepat pemulihan jaringan-jaringan lunak yang rusak.
3) Hindari benturan di daerah cedera pada saat latihan maupun pertandingan berikutnya.

Ramuan tradisional yang bisa dipakai untuk mengobati memar:

1. Ramuan pertama: Menggunakan kencur yang diparut ditambah air cuka 1 sdm air cuka. Bungkus bahan tadi dengan daun, seperti kita membuat pepes, kemudian panggang di atas api. Trus pas masih hangat, tempelkan dibagian yang bengkak.
2. Ramuan kedua: Ambil 1 (satu) sendok makan beras, tumbuk bersama 1 (satu) potong kencur sebesar ibu jari yang telah dicuci bersih.  Oleskan merata pada bagian yang benjol dan memar, pasti akan segera mengempis.
3. Ramuan ketiga: ambil satu potong kelapa muda dan air cuka secukupnya
Caranya:
a. Kelapa muda yang sudah tersedia anda parut dan bubuhi dengan air cuka
b. Aduk hingga rata lalu tempelkan pada bagian yang terluka secara merata dan balutkan dengan kain yang bersih
c. Bila parutan kelapa tersebut sudah mengering gantilah dengan ramuan yang baru,  luka memar anda akan segera sembuh.

sumber : nursingbegin.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar